Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan K1 2 Tema 8 Subtema 2;
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebaga bangsa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
9. Tuliskan cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri meliputi kebersihan seluruh badan, serta pakaian yang dikenakan.
Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
Buatlah tabel data masuk dan keluar berdasarkan gambar di atas!
a. Buatlah tabel data masuk dan keluar berdasarkan gambar di atas!
Pola apa yang kamu temukan? Jelaskan.
Pola yang ditemukan: data keluar = data masuk x 2 - 1
b. Gambarlah bangun yang ke-12. Bandingkan hasilmu dengan temanmu.
Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
a. Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangun 1 adalah data keluar = data keluar +3
b. Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangun 2 adalah data keluar = data masuk x 2
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebaga bangsa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
IPS
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebaga anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh haru dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
PPKn
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
4.8 Menggambar plotting titiktitik di kuadran pertama
4.8 Menggambar plotting titiktitik di kuadran pertama
IPA
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut
IPS
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya
SBdP
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
PJOK
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
EVALUASI
Ayo Berlatih
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kamu ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat menimbulkan hubungan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.
2. Apa yang terjadi jika semua orang memiliki profesi yang sama?
Semua kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.
3. Tuliskan cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun memiliki keragaman pekerjaan!
Cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi adalah dengan saling menghargai profesi masing-masing karena setiap profesi dibutuhkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.
4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.
5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan lama siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
6. Apa yang kamu ketahui tentang pemuaian?
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas
7. Bagaimana pengaruh suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).
8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang dapat timbul karena perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kamu ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat menimbulkan hubungan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.
2. Apa yang terjadi jika semua orang memiliki profesi yang sama?
Semua kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.
3. Tuliskan cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun memiliki keragaman pekerjaan!
Cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi adalah dengan saling menghargai profesi masing-masing karena setiap profesi dibutuhkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.
4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.
5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan lama siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
6. Apa yang kamu ketahui tentang pemuaian?
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas
7. Bagaimana pengaruh suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).
8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang dapat timbul karena perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
Nama Penyakit | Menular/ Tidak | Gejala | Penyebab | Cara Pencegahan |
---|---|---|---|---|
TBC | Menular | Batuk lebih dari 2 minggu, rasa nyeri di dada, batuk berdahak bercampur dengan darah, berat badan turun drastis tanpa alasan yang jelas, demam, terutama sore hari, keringat di malam hari, menurunnya nafsu makan. | Bakteri | Mencegah kontak langsung dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG |
Malaria | Menular | Menggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan mudah lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun. | Parasit Plasmodium | Membersihkan bak mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. |
Disentri | Menular | Di samping diare, gejala disentri lainnya meliputi kram perut, mual atau muntah, serta demam. | Bakteri | Senantiasa mencuci tangan dengan air bersih. Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan Jangan menggunakan handuk atau peralatan makan yang sama dengan penderita. |
Cacar | Menular | Demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam. | Virus Varicella Zoster | Menjaga kebersihan dan Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air. |
Influenza | Menular | Menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi | Virus | Mengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup |
Demam Berdarah | Menular | Demam secara tiba – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit | Nyamuk Aedes Aegypti | Penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat |
9. Tuliskan cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri meliputi kebersihan seluruh badan, serta pakaian yang dikenakan.
Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
- Mandi dua kali sehari
- Menggosok gigi ketika hendak tidur dan pagi hari setelah bangun tidur
- Memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.
Buatlah tabel data masuk dan keluar berdasarkan gambar di atas!
Pola | Banyak Segitiga |
---|---|
1 | 1x2-1=1 |
2 | 2x2-1=3 |
3 | 3x2-1=5 |
4 | 4x2-1=7 |
5 | 5x2-1=9 |
6 | 6x2-1=11 |
Pola yang ditemukan: data keluar = data masuk x 2 - 1
b. Gambarlah bangun yang ke-12. Bandingkan hasilmu dengan temanmu.
Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
a. Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangun 1 adalah data keluar = data keluar +3
b. Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangun 2 adalah data keluar = data masuk x 2